Install ulang sistem operasi terkadang menjadi hal yang harus dilakukan ketika terjadi masalah tertentu atau memang karena keinginan kita utuk ganti sistem operasi. 

Namun setelah laptop atau komputer kamu di install ulang pasti ada satu hal yang pasti terjadi. Yaitu seluruh aplikasi yang dulu ada di laptop atau komputer kamu akan terhapus. Jadi mau tidak mau kamu harus install ulang juga software atau aplikasi tersebut.

Pertanyaannya software apa saja yang harus di install ?
Berikut adalah daftar software penting untuk laptop kamu.

1. Driver Pack


Driver pack adalah aplikasi atau software yang pertama kali harus di install setelah install ulang windows. Ini merupakan software yang wajib di install di laptop kamu.
Kenapa ?

Karena aplikasi ini bertujuan untuk menginstall driver yang harus di install setelah install ulang windows. Karena aplikasi ini menyediakan berbagai driver penting yang di butuhkan oleh laptop atau komputer kamu. Jadi kamu tidak perlu download dan menginstall satu persatu driver yang laptop atau komputer kamu butuhkan.

Selain bertujuan untuk menginstall driver driver pack ini juga bertujuan untuk menginstall beberapa aplikasi dasar yang memang penting untuk laptop kamu seperti winrar,browser,dan beberapa aplikasi lainnya.

2. WinRar

Aplikasi kedua yang harus kamu  install setelah install Driver Pack adalah winrar. Kenapa winrar ini penting karena banyak file yang biasanya akan di gabungkan menggunakan aplikasi ini dan jika kamu tidak punya aplikasi ini maka kamu tidak akan bisa membuka file tersebut.

Sebaiknya installah winrar setelah anda menginstall driver karena ini untuk memudahkan anda untuk menginstall aplikasi - aplikasi lain yang di butuhkan komputer atau laptop anda.

Karena biasanya installer aplikasi yang kamu download atau dapatkan dar tempat lainnya masih berupa file .rar dan belum di ekstrak yang tentunya membutuhkan aplikasi winrar untuk bisa membuka dan mengekstrak aplikasinya.

3. Browser

Windows memang sudah memiliki browser bawaan akan tetapi banyak di antara kita tidak suka menggunakan browser bawaan dari windows karena beberapa alasan seperti sering tidak support dengan beberapa web ,terkadang proses downloadnya susah dan lambat dan masih banyak alasan lainnya.

Maka dari itu penting bagi kita untuk menginstall browser. Dan sebaiknya lakukan installasi browser setelah menginstall winrar karena biasanya kita akan sangat membutuhkan browser untuk mencari cara install aplikasi yang akan kita install atau mendownload aplikasi yang akan kita install nantinya.

Adapun beberapa browser yang bagus dan banyak digunakan seperti Google Chrome, Mozila Firefox dan Opera.

...Dan Jangan Lupa
Install sekalian plugin yang sering dibutuhkan seperti flash player.

4. Office

Siapapun kamu baik pelajar pekerja atau siapapun anda aplikasi atau software yang satu ini pasti sangat kamu butuhkan. Aplikasi ini akan membantu kamu dalam proses pengerjaan tugas kamu. Karena aplikasi ini berisi program pengelola kata , pengelola data , presentasi dan beberapa program lainnya.


5. Aplikasi Multimedia

Aplikasi atau Software yang perlu di install selanjutnya adalah aplikasi multimedia seperti pemutar musik dan pemutar video. Ini penting karena aplikasi ini untuk memutar video atau musik yang kamu miliki.

Walaupun dari windows sudah menyediakan player video dan musik namun terkadang ada beberapa format video dan musik yang tidak bisa di jalankan di aplikasi bawaan windows tersebut.

Selain itu juga fitur yang disediakan oleh aplikasi bawaan windows kurang lengkap.Jadi sangat direkomendasikan kepada kamu untuk menginstall aplikasi player multimedia selain bawaan wndows.

Adapun softwarenya seperti KMP Player GOM Player dan VLC untuk pemutar video dan Winamp atau AIMP untuk pemutar musik.

6. Antivirus

Software ini sangat penting karena software ini sangat penting karena bertujuan untuk melindungi laptop atau komputer kamu dari virus atau malware yang dapat membahayakan atau merusak laptop atau komputer kamu.

Gunakanlah antivirus yang bagus dan memberikan proteksi sesuai kebutuhan karena terkadang ada beberapa antivirus yang dapat mengganggu kenyaman kamu.

Adapun beberapa antivirus yang dapat amu gunakan seperti avast avira smadav windows defender da beberapa software lainnya.

7. Software Maintenace

Salah satu alasan kenapa laptop atau komputer di instal ulang adalah agar tidak lemot. Anda dapat mengatsi masalah tersebut salah satunya dengan menggunakan program maintenace. 

Ada beberapa software maintenace yang bisa di gunakan di antaranya. CC cleaner untuk membersihkan file file setelah anda browsing seperti history cache ,junk file dan beberapa file file sampah lainnya.

Kemudan kamu juga bisa menggunakan Auslogics Disk Defrag yang dapat kamu gunakan untuk mengatur atau menata file file yang berantakan di harddisk. Sehingga harddisk kamu akan terpelihara dan proses membuka folder dan mencari file di harddisk akan lebih cepat.

Sekian semoga artikel ini bermanfaat.