Panduan Bitcoin untuk Pemula dari A sampai Z

Perkembangan dunia teknologi saat ini sangat pesat pertumbuhannya. Banyak sekali teknologi teknologi terbaru yang di ciptakan setiap hari. Setiap orang berusaha untuk menciptakan teknologi baru. Mulai dari menciptakan software hardware dan produk produk teknologi lainnya.



Akhir akhir ini dunia mulai di hebohkan dengan munculnya teknologi baru yang bernama Cryptocurrency. 

Apa itu cryptocurrency ?

Cryptocurrency adalah sebuah teknologi yang dapat membuat mata uang digital yang menggunakan kriptografi sebagai sistem keamanannya sehingga mata uang yang di hasilkan tidak dapat di palsukan. Ada banyak mata uang digital yang telah tercipta dari teknologi crptocurrency ini beberapa di antaranya :
  1. BitCoin
  2. Ripple
  3. LiteCoin
  4. Dash
  5. Stellar
  6. DogeCoin
  7. NXT dll
Dari sekian banyak mata uang digital yang lahir dari teknologi criptocurrency banyak pihak yang mengklaim bahwa BitCoin adalah mata uang virtual atau digital yang terbaik. Jadi tidak heran jika sangat banyak pengguna bit coin di seluruh dunia.

Pada kesempata kali ini saya akan memberikan panduan bitcoin untu pemula tapi sebelum itu akan saya jelaskan terlebih dahulu apa itu bitcoin.

Panduan Bitcoin untuk Pemula : Apa itu BitCoin ?

Bitcoin adalah mata uang digital yang dihasilkan dari teknologi criptocurrency.Bitcoin juga bisa diartikan sebagai eGold atau emas online karena dalam proses pembuatanya bitcoin harus di mining atau di tambang. Bitcoin pertama kali di luncur secara open source ke publik pada tahun 2009. Bitcoin diciptakan oleh pemuda asal jepang yang bernama Satoshi Nakamoto.

Nilai sebuah bitcoin dapat berubah setiap waktu di pengaruhi oleh faktor buy and shell yang dilakukan oleh pengguna bit coin.

Kelebihan dan Kekurangan BitCoin

Seperti halnya mata uang yang lainnya bitcoin juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut :

Kelebihan :

1. Keamanan

Dengan sistem keamanan kriptografi bitcoin sangat sulit untuk dipalsukan hal ini jelas berbanding terbalik dengan mata uang konvensional yang sangat mudah di palsukan. 

Terlebih jumlah bitcoin yang telah tercipta dan transaksi yang dilakukan setiap hari akan tercatat di blockchain sehingga akan diketahui berapa jumlah bitcoin yang ada dan transaksi yang telah dilakukan.

Jadi BitCoin ini sangat aman untuk di gunakan.

2. Mudah di Gunakan

Mata uang digital yang satu ini sangat mudah di gunakan karena mata uang yang satu ini bersifat digital dan sudah di akui oleh dunia. 

Jika mata uang konvensional membutuhkan rekening bank untuk melakukan transfer uang. Bitcoin hanya membutuhkan wallet atau dompet bitcoin yang dapat di buat dengan mudah dan tanpa persyaratan yang ribet seperti membuat rekening bank.

Kekurangan :

1. Tidak Stabil

Berbeda dengan mata uang konvensional yang nilainya di pengaruhi oleh faktor ekonomi politik dan sebagainya sehingga perubahan nilainya tidak begitu signifikan. 

Namun mata uang digital ini sangat mudah berubah nilainya setiap hari karena nilai dari bitcoin ini dipengaruhi oleh faktor minat penggunanya jadi jika peminatnya banyak maka nilai atau harganya semakin tinggi namun jika peminatnya berkurang maka nilainya akan berkurang. 

Dan ada juga kemungkinan bahwa bitcoin akan tidak ada harganya jika peminatnya sudah tidak ada. Namun hal ini mustahil terjadi.

2. Bitcoin bisa hilang rusak atau terhapus

Karena bitcoin adalah sebuah file maka bitcoin bisa dengan mudah hilang rusak atau terhapus jika terjadi masalah pada perangkat yang kita gunakan. Maka kemungkinan bitcoin akan hilang rusak atau terhapus bisa terjadi.

Panduan Bitcoin untuk Pemula : Cara Mendapatkan Bitcoin

Setelah kita tahu lebih dalam tentang bitcoin maka selanjutnya kita akan mempelajari tentang bagaimana cara mendapatkan bitcoin. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan bitcoin beberapa di antaranya yaitu dengan :
  1. Faucet
  2. Membeli Bitcoin di pasar bitcoin
  3. Menambang atau mining bitcoin.
Ketiga cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri tapi jika kamu masih pemula maka saya sarankan kamu untuk mendapatkan bitcoin dari menambang menggunakan cara ke satu dan ketiga yaitu dengan membeli bitcoin di pasar bitcoin atau dengan Faucet.

Panduan Bitcoin untuk Pemula : Mendapat Bitcoin Melalui Faucet

Apa itu Faucet ?

Faucet adalah website yang menyediakan bitcoin gratis. Ada banyak website yang memberikan bitcoin gratis hanya dengan kamu mendaftar di sana dan memasukan alamat wallet bitcoin kamu di sana. Tapi ada juga website faucet yang menyediakan bitcoin gratis dengan cara kamu melakukan klaim di website tersebut dan setelah kamu melakukan klaim di website tersebut maka kamu akan mendapatkan bitcoin gratis.

Ada beberapa website yang menyediakan fitur faucet beberapa di antaranya :
  1. Raiblockscommunity.com
  2. freebitco.in
  3. claimbtc.com
  4. elenafaucets.com
Namun yang paling populer di indonesia adalah raiblockscommunity.Walaupun yang dihasilkan dari raiblockscommunity adalah mrai bukan bitcoin tapi mrai tersebut dapat di tukar dengan bitcoin. Namun mendapatkan bitcoin dengan cara ini lebih aman dan terpercaya karena sudah banyak yang membuktikannya.

Jadi untuk seri panduan bitcoin mendapatkan bitcoin dengan faucet akan saya tambahkan dengan tutorial mendapat bitcoin dengan raiblocks.

Sebelum saya jelaskan cara mendapatkan bitcoin dari raiblocks akan saya jelaskan terlebih dahulu tentang apa itu raiblocks.

Raiblocks adalah sejenis cryptocurrency yang mana coin yang di hasilkan adalah mrai. Untuk bisa mendapatkan coin yang di distribusikan di RaiBlocks setiap orang harus melakukan claim dengan melakukan input captha.

Adapun tempat untuk melakukan input captcha adalah di raiblockscommunity.net. Berikut tampilan input captcha di RaiblocksCommunity.net

Bagaimana Cara Kerjanya ?


Cara kerjanya sangat mudah kamu hanya perlu input captcha seperti gambar di atas. Kamu tinggal klik gambar sesuai perintah yang ada kemudian klik verifikasi.

Lakukan sebanyak mungkin sehingga kamu bisa mendapatkan banyak Mrai. Kemudian setelah kamu mendapatkan banyak Mrai maka kamu bisa menjual atau menukarnya dengan bitcoin.

Panduan Bitcoin untuk Pemula : Menambang atau mining bitcoin

Seperti halnya emas asli yang dapat diperoleh dengan cara di tambang bitcoin juga dapat di peroleh dengan cara di tambang.

Dengan komputer yang canggih kamu dapat menambang bitcoin. Setiap kali kamu dapat menyelesaikan soal matematika untuk memproses transaksi bitcoin maka kamu akan di hadiahi bitcoin oleh sistem.

Jumlah bitcoin yang bisa di tambang adalah sebanyak 21 juta BTC ( Bitcoin ) dan sampai saat ini di perkirakan sudah mencapai angka 17 juta BTC yang telah berhasil di tambang. 

Jadi jika sudah mencapai angka 21 juta bitcoin yang telah di tambang maka para miner atau penambang harus berhenti menambang bitcoin karena mereka tidak akan dihadiahi bitcoin lagi setelah mereka manambang.

Dan di perkirakan angka tersebut akan tercapai pada tahun 2140 ( sumber data : techinasia.com )

Lalu bagaimana cara menambangnya ?

Cara Menambang bitcoin

Untuk menambang bitcoin ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan mulai dari perangkat perangkat yang dibutuhkan untuk mining bitcoin dll. Untuk lebih jelasnya tentang hal hal yang harus kamu siapkan silahkan baca penjelasan berikut :

1. Wallet BitCoin

Wallet bitcoin berguna untuk menampung bitcoin yang akan kamu dapatkan nantinya. Ada banyak perusahaan yang telah menyediakan wallet bitcoin dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Beberapa di antaranya yaitu :
  1. Bitcoin.co.id
  2. Blockchain
  3. Xapo
  4. Coinbase
  5. Bitx
2. Komputer atau Laptop

Pc atau laptop digunakan tempat untuk melakukan pertambangan bitcoin. Dibutuhkan laptop atau komputer dengan spesifikasi yang tinggi untuk menambang bitcoin. Karena proses penambangan akan memakan sumber daya laptop atau komputer dengan presentase yang cukup besar.

Untuk berapa spesifikasi minimal belum ada acuan yang pasti tapi sangat disarankan untuk menggunakan komputer atau laptop dengan processor AMD Kenapa ?

Karena processor AMD memiliki sistem yang memfokuskan kemampuan processor tersebut kepada program utama yang sedang di buka jadi akan membuat kamputer atau laptop tidak hang jika melakukan kegiatan mining bitcoin.

3. Software Pertambangan atau Miner Software

Software pertambangan atau miner software berguna sebagai alat sekaligus tempat untuk melakukan mining bitcoin. Ada beberapa software mining bitcoin yang telah tersedia Beberapa di antaranya :
  1. Bitcoin Miner
  2. BTC Miner
  3. CGMiner
  4. BFG Miner
  5. GUI Miner
4. Kartu Grafis

Kartu grafis berguna untuk memecahkan kode enksrpsi. Gunakanlah kartu grafis dengan kemampuan yang bagus seperti NVIDA atau AMD

5. Pool Mining

Pool Mining berguna untuk membuat kamu bisa bergabung dengan para miner lainnya sehingga kamu dapat melakukan mining dengan cara memecahkan algoritma bersama dengan miners lainnya.

6. Pendingin

Pendingin berguna untuk mendinginkan komputer atau laptop yang kepanasan akibat kegiatan mining bitcoin. Adapun pendinginnya bisa berupa kipas angin atau kipas manual.

7. Hardware Monitoring

Hardware monitoring berguna untuk memonitor suhu laptop atau komputer karena laptop atau komputer yang kamu gunakan dapat mencapai suhu yang sangat tinggi akibat kegiatan mining bitcoin.

Dengan menggunakan Hardware monitoring maka kamu dapat mengetahui suhu terkini komputer atau laptop kamu. Jadi jika laptop atau komputer kamu mencapai suhu 70-80 derajat cecius maka kamu dapat menghentikan kegiatan mining bitcoin sampai suhunya kembali normal.

Berapa hardware monitor yang bisa kamu gunakan :
  1. HWM Monitor
  2. Real Temp
  3. CPU Thermometer
  4. CPU TempWatch
  5. Sensors View Pro
8. Koneksi Internet

Koneksi internet digunakan untuk melakukan kegiatan mining bitcoin karena aplikasi miner bitcoin membutuhkan data agar bisa melakukan kegiatan mining. Usahakan gunakan jaringan dengan koneksi internet yang stabil.

Setelah hal hal di atas telah kita siapkan maka kegiatan mining bisa kita mulai untuk tutorial mining bitcoin silahkan baca di sini





42 Comments

  1. jgn galak ngolake gek keno polisike wong

    ReplyDelete
  2. tambang BTC claim 450 satoshi per 10 menit
    https://www.miningbtc.today/#55b334d624977a8dc5e3f0b8277eeaf8

    ReplyDelete
  3. Great post. I used to be checking continuously this weblog and I am inspired! Extremely helpful information specially the closing part :) I handle such information a lot. I used to be seeking this certain information for a very long time. Thank you and best of luck. www.gmail.com login

    ReplyDelete
  4. mas saya baru2 ini sering melihat mengenai BTC seperti yang mas jelaskan diatas, dan saya tertarik tentang hal tersebut, apakah ada no WA atau ID line yang bs saya hub untuk lebih jelasnya? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  5. ini baru namanya sharing , mantap infonya gan.

    ReplyDelete
  6. tercerahkan... makasih gan...

    ReplyDelete
  7. yang mau mencoba ini bisa untuk tabungan
    http://ozmoney.win/8847611414536/

    ReplyDelete
  8. saya bru baca ttg bitcoin ini,
    caranya gimana ya mas utk yg benar2 awam ttg bitcoin ini?
    ada no yg bisa wa ga mas?
    spy bsa tanya2 lebih detil sih mas..
    makasih

    ReplyDelete
  9. Cara ngisi depositnya kmna si om

    ReplyDelete
  10. Good Bang Ilmunya Sering" share yaaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks dan doakan semoga saya bisa melakukannya

      Delete

  11. obviously like your website but you have to take a look at the spelling on several of your posts. Several of them are rife with spelling problems and I find it very bothersome to tell the truth then again I'll surely come again again. yahoo mail login

    ReplyDelete
  12. Baru mau main bitcoin nih..
    Lagi cari2 info nya

    Makasih artikelnya mas

    ReplyDelete
  13. Kalau belum punya acccount di indodax, bisa buka wallet? Tq ka Rendy atas infonya.saya suka mottonya.

    ReplyDelete
  14. Mas bro ad wa? Gue mau blajar bitcoin pls serius ni

    ReplyDelete
  15. Ini no wa Saya Gan 0821 3537 6570

    ReplyDelete
  16. Makasih mas atas pencerahannya, sangat membantu, tp bagi newbie kaya sy masih kurang paham, ntar lanjut wa ya mas

    ReplyDelete
  17. Asal dari mana min... Siapa tau 1 wilayah. Kalo 1 wilayah enak blajar nya... Saya pengen belajar bitcoin

    ReplyDelete
  18. nabung dulu , ngumpulin buat modal

    ReplyDelete
  19. Setelah baca panduan bitcoin di blog ini, langsung penasaran deh nguber adminnya..

    ReplyDelete
  20. salam kota surakarta. angkat aku jadi muridmu mas rendi 🙏🙏

    ReplyDelete
  21. Mas serius pengen belajar nambang btc dari awal sampai menghasilkan mohon bimbingannya mas. Mungkin ada grup wa atau no wa mas ?

    ReplyDelete
  22. Hashtag Option merupakan Platform Trading Forex Terpercaya. Terdapat akun pembelajaran terkreditkan 10juta dan bonus 10%** minimal deposit 50.000,-. Rasakan pengalaman trading yang Light www.hashtagoption.com

    ReplyDelete