Kegiatan blogwalking membuat kita mempunyai banyak teman seorang blogger. Begitu juga dengan saya ada beberapa teman blogger yang saya miliki salah satunya adalah Kang Nata pemilik blog asikpedia.com. Yang namanya teman pastilah sering berbagi nasihat atau saran. Itu juga yang dilakukan Kang Nata kepada saya.

Waktu itu saya posting artikel tentang pengalaman saya saat PKL di PT Dirgantara Indonesia. Kemudian kang Nata berkomentar di Postingan saya itu dan memberi saya saran atau nasihat untuk menulis artikel sejenis alias artikel tentang pengalaman saya lagi. kurang lebih begini komentar aslinya :

Bagi saya saran atau nasihat itu cukup gila dan tidak masuk akal karena blog saya ini adalah blog tentang teknologi yang memberikan tutorial dan informasi tentang teknologi yang dibutuhkan oleh pembaca dan bukan blog gado gado atau blog personal yang nulis artikel pengalaman dengan alur seperti bercerita. Tapi mau bagaimana lagi saya sudah berjanji untuk mengikuti saran kang nata ini. Seperti di komentar berikut :

Jadi ya sudahlah saya coba posting saja artikel tentang pengalaman saya lagi. Dan saya menulis tentang pengalaman saya saat melihat ada orang mesum di warnet yang saya tulis di artikel 5 Alasan Kenapa Banyak Anak Sekolah Mesum di Warnet.

Saya tulis artikel itu dengan bahasa orang sedang bercerita dan kurang dari satu jam artikel itu sudah jadi karena tidak perlu melakukan riset keyword dan melakukan analisis lainnya seperti artikel lainnya. Kemudian setelah saya posting artikelnya saya share ke facebook. Tampilannya seperti ini :


saya tambahi kata kata ditulis karena kejadian di warnet. setelah itu saya tunggu beberapa menit kemudian ada beberapa orang yang kasih like tapi tidak banyak jumlahnya kurang dari 10 mungkin karena saya sharenya ke facebook sekitar jam 2 jadi kemungkinan sedikit yang sedang on facebook. Karena sedikit yang like maka saya tinggalin saja dan dengerin musik di youtube sambil tiduran.

Setelah sekitar 20 menitan saya langsung membuka artikel saya yang tadi saya posting. Dan saya dapati sesuatu yang aneh dan sesuatu yang sangat mengejutkan dan membuat saya bahagia tidak kepalang. Dimana terdapat jumlah share yang cukup mengejutkan yaitu sebanyak 13 facebook shaer dalam waktu 20 menitan.

Jumlah yang cukup fantastis bagi saya mendapat jumlah share facebook sebanyak itu dalam waktu hanya sekitar 20 menitan.

Jumlah itu mungkin tidak cukup besar namun jumlah itu sudah cukup untuk menyimpulkan beberapa hal :
  1. Artikel seperti ini disukai pembaca.
  2. Dinikmati pembaca.
Kenapa saya bisa menyimpulkan seperti itu ? karena artikel ini hanyalah artikel pengalaman yang sebenarnya tidak begitu di butuhkan dan tidak menyelesaikan masalah apapun bagi pembaca dan logikanya jika artikel seperti tidak disukai maka jumlah sharenya tidak mungkin sebanyak itu dalam waktu sesingkat itu.

Jadi bagi saya nasihat Kang Nata yang satu ini sangat luar biasa dan saya berterimakasih sekali kepada Kang Nata yang telah membagikan tips atau saran ini. Dan saat ini saya juga sedang meniru strategi blogging dari Kang Nata yaitu tentang menulis atau mengulas blog orang lain dan mari kita tunggu apa yang akan terjadi selanjutnya..

Oke sobat itu tadi sedikit pengalaman dari saya mengikuti nasihat atau saran dari Kang Nata pemilik blog ASIK PEDIA. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.