Hai kawan jika kamu anak TKJ dan sedang mencari tempat PKL maka PT Dirgantara Indonesia sangat tepat untuk kamu. 

Emangnya Sudah pernah PKL di sana Mas...?

Ya jelas sudah maka dari itu saya tulis artikel ini. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya PKL di PT Dirgantara Indonesia

Tapi sebelum saya jelaskan kenapa kamu harus PKL di sana  saya singgung sedikit dulu yah tentang PT DI. PT Dirgantara Indonesia adalah perusahaan Pemroduksi Pesawat terbang milik negara ( BUMN ) yang mana dulunya perusahaan ini bernama IPTN.

Oke langsung saja berikut alasan kenapa kamu harus PKL di PT Dirgantara

1. Fasilitas yang Lengkap

Di sekolah ketika kamu mau praktek terkadang kamu pasti tidak bisa leluasa untuk melakukannya karena beberapa faktor salah satunya karena kurangnya fasilitas yang memadai.

Tetapi saat kamu pkl di PT Dirgantara Indonesia hal itu tidak akan terjadi karena di sini Fasilitas yang kamu butuhkan untuk Praktek sangat lengkap.

Apapun yang kamu butuhkan dalam kegiatan Praktek besar kemungkinannya Telah tersedia di sini.

2. Sumber Ilmu yang Sangat Banyak

Di sekolah sumber ilmu kamu mungkin hanya dari guru dan buku. Tapi kalau kamu di sini banyak sumber ilmu yang bisa kamu dapatkan di sini.

1. Karyawan

Ini adalah sumber ilmu terbesar. Kenapa karena di PT Dirgantara Indonesia terdapat karyawan yang jumlahnya lebih dari 10.000. Dan  hampir setiap karyawan menggunakan yang namanya komputer.

Dan mereka sudah pasti membutuhkan Ahli Komputer untuk mengatasi masalahnya ketika ada masalah dengan komputernya.

Berdasarkan pengalaman saya PKL di PT Dirgantara Indonesia. Hampir setiap hari ada panggilan untuk memperbaiki kerusakan pada komputernya. Dan jenisnya bermacam macam mulai dari softwarenya , hardwarenya atau masalah jaringan. Dan satu hal yang perlu diketahui masalah yang ada di sini hampir semua belum pernah di alami dan di ajarkan di Sekolah.

Jadi hal ini sangat menguntungkan karena kita bisa dapat informasi baru setiap harinya.

2. Pendamping

Sumber ilmu yang kedua adalah pendamping. Di PT Dirgantara Indonesia terdapat banyak pendamping yang sangat berpengalaman di bidangnya masing masing dan mereka tergabung dalam Divisi IT.

Para pendamping di sini memilki pengalaman dan keahlian yang berbeda beda ada yang ahli di bidang software server keamanan jaringan hardware database dan masih banyak lagi.

Jadi jika kamu ingin belajar tentang IT apapun itu kamu tinggal mencari pendamping yang sesuai dengan tofik yang kamu pelajari.

3. Teman

Sumber ilmu yang ketiga adalah teman.

Teman yang saya maksud di sini bukanlah teman satu sekolah ya tapi teman dari sekolah lain dari seluruh indonesia. Yang mana biasanya yang di ajarkan di satu sekolah dan sekolah lain berbeda apalagi yang sudah berbeda kota.

Biasanya mereka yang berasal dari kota kota besar memiliki ilmu yang lebih banyak dari pada yang berasal dari kota kecil.

Jadi manfaatkanlah ini untuk meningkatkan ilmu kamu yaa

3. Menambah Banyak Teman

Siswa yang PKL di PT Dirgantara Indonesia Bukan hanya dari satu kota atau provinsi saja tapi dari seluruh indonesia dan menurut data yang dulu saya dapatkan ada sekitar 3000 siswa yang pkl di sana. Data ini saya dapatkan di tahun 2016 tepatnya bulan Mei.

Jadi sangat baik untuk kita dalam meningkatkan jumlah teman kita yang mencakup wilayah seluruh indonesia.


4. Pengalaman Kerja Yang Sesungguhnya

Satu hal yang pasti kamu dapatkan di PT Dirgantara Indonesia adalah pengalaman serasa bekerja beneran.

Kenapa Begitu .............?

Pertama saat kamu datang ke sini kamu akan jadi orang baru di kerumunan para senior. Saat hari hari pertama perasaan mereka Senior dan kamu adalah seorang Junior akan sangat kental terasa.

Kenapa Begitu .............?

Karena biasanya mereka yang sudah lama memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih dari kamu banyak hal yang mereka ketahui tapi kamu tidak mengetahuinya.

Disini kamu akan merasa seperti orang yang sangat bodoh atau masih awam di dunia IT.
Kenapa ?
Karena pengetahuan yang anda dapatkan di sekolah masih sangat kurang dengan pengetahuan yang kamu butuhkan di sini. Dan kabar buruknya adalah mereka sudah mengetahuinya. jadi kamu seperti orang yang sangat bodoh disini dan pantas di sebut sebagai junior. 

Dan satu lagi biasanya jika kamu PKL di sini dengan beberapa teman kamu dari sekolah maka akan di bagi ke tiga divisi yaitu IT Center GPT dan satu lagi ...? Ah saya sudah lupa maaf ya..

Kedua Pertama kamu masuk di sini maka kamu akan di wawancarai semacam pengetahuan IT yang kebanyakan tidak bisa kamu jawab. Karena Kamu ngk tau..

Ketiga ketika ada yang membutuhkan bantuan kamu terutama karyawan PT Dirgantara Indonesia maka kamu harus bisa membantunya bagaimanapun caranya. walaupun sebenarnya kamu bisa meminta bantuan teman atau pendamping kamu.

Tapi..........!!!

Itu tidak bisa kamu lakukan jika kamu sedang membantu karyawan yang membutuhkan bantuanmu dan kamu sendirian dan posisi kamu berada dari markas IT Center. Masa sih udah kebakaran malah kamu tinggal cari bantuan padahal kamu kan pemadam kebakaran Pastinya kamu bakal kena omel karyawan dan reputasi kamu akan turun tentunya. Paham kan hehe

Semboyan kami waktu pkl dulu Pantang Pulang sebelum di kasih uang. artinya misinya sukses hehe

Dari 3 hal di atas sangatlah mirip dengan kejadiaan saat nantinya akan masuk kerja jadi nikmatin saja.

5. Pendamping Yang Kompeten

Pendampping di sini tidak sama seperti guru di sekolah karena pendamping di sini lebih tinggi dalam hal pengetahuan dan pendidikan serta jabatan tentunya.

Mereka lebih bersifat mendampingi bukan menggurui namun jika kamu membutuhkan bantuannya misalkan kamu tidak tahu akan sesuatu. Besar kemungkinanya mereka akan tahu. Dan seperti yang saya sampaikan di poin 2 tadi di sini mereka memiliki kemampuan yang berbeda beda sesuai bidangnya.

Itu 5 Alasan Kenapa Kamu Harus PKL di PT Dirgantara Indonesia semoga bermanfaat.