Blogspot adalah Platform yang paling banyak di gunakan oleh blogger di indonesia. Platform yang satu ini mempunyai banyak kelebihan sehingga banyak sekali blogger indonesia yang menggunakan blogspot selain gratis juga mudah digunakan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan blogspot. Berikut Pembahasannya.

⇒ Kelebihan Dan Keunggulan Blogspot

Yang pertama saya akan membahas kelebihan dan keunggulan apa saja yang dimiliki oleh blogspot. Berikut pembahasanya :
  • Terintegrasi dengan Akun Google
Ini merupakan kelebihan yang sangat sangat membuat para blogger senang menggunakan blogspot. Hanya dengan memiliki akun google maka secara otomatis pemilik akun sudah bisa menggunakan Blogspot untuk membuat blog. Selain itu pengguna blogspot juga akan sangat di mudahkan dengan hal ini karena secara otomatis blogspot sudah terintegrasi dengan akun google maka dapat dengan mudah para blogger untuk menggunakan fasilitas lain yang di sediakan soleh google.
  • Blogspot itu User Friendly

Blogspot adalah platform milik google sudah pasti google tidak akan melupakan blogspot begitu saja. Di search engine milik google blogspot punya posisi yang lebih bagus dari pada platform yang lainnya. Walaupun semua itu tergantung dari pengguna atau admin blog tersebut dalam mengelolanya. 
  • Proses Sign Up yang mudah
Bagi pengguna internet baru ini merupakan hal yang sangat memudahkan bagi mereka. Blogspot menyediakan proses sign up yang sangat mudah sehingga mereka yang masih baru dalam dunia IT tidak mendapat kesulitan untuk mendaftar di blogspot.
  • Blogspot Itu User Friendly
Dulu pertama kali saya nge blog saya menggunakan blogspot. Dan sebagai pemula saya merasa bahwa menggunakan blogspot sebagai platform sangatlah tepat. Sebagai seorang pemula saya sangat di mudahkan oleh fitur fitur yang disediakan oleh blogspot yang sangat user friendly. Berikut beberapa alasan kenapa blogspot user friendly :
  1.  Panel Kontrol yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.
  2.  Proses menulis artikel yang sangat mudah seperti menulis di ms word.
  3.  Tata Letak yang mudah di modifikasi.
  4.  Navigasi admin sederhana, dan mudah dimengerti : posting, Pengaturan, Tata Letak
  5.  DLL

  • Bisa Memiliki banyak blog dalam satu akun
Di blogspot kita dapat memiliki banyak blog hanya dengan satu akun google saja tantu hal ini akan sangat memudahkan bagi para blogger yang biasanya mereka mempunyai lebih dari satu blog. Dan dengan blogspot kita bisa melakukannya hanya dengan satu akun.
  • Blogspot Bisa Dimodifikasi
Walaupun gratis tapi blogspot memberikan akses yang longgar kepada penggunanya untuk memodifikasi blog mereka. Alhasil banyak blog keren yang berasal dari blogspot. Dan saat ini membuat blog yang keren dengan blogspot adalah hal yang sangat mudah.
  •  File CSSnya dapat diedit
Bagi mereka yang paham akan bahasa pemrograman mereka dapat menuangkan keahlian mereka di sini karena blogspot memberikan akses kepada penggunanya untuk mengedit CSS dan telah disediakan pula tempat untuk mengeditnya.

⇒ Kekurangan Blogspot

Tadi saya telah membahas tentang kelebihan blogspot sekarang saya akan membahas tentang kekurangan dari Blogspot. Berikut Pembahasannya :
  • Pilihan template bawaan terlalu sedikit
Salah satu kekurangan blogspot adalah jumlah pilihan templat standar yang disediakan blogspot sangat sedikiy alhasil banyak pengguna blogspot yang menggunakan template yang sejenis. Hal ini tentunya akan sangat menggagu dan mengurangi kesan proffesional pemilik blog jika ada yang tau bahwa template blognya sama dengan template blog orang lain.
  • Tidak bia melihat statistik pengunjung.
Kekurangan selanjutnya dari blogspot adalah tidak bisa melihat jumlah pengunjung yang masuk ke blog kita. Yang di tampilkan oleh blogspot hanyalah pageview saja. Namun kekurangan ini dapat di atasi dengan menggunakan google analytic.
  • Menulis Artikel Di Blogspot Tidak Leluasa
Fitur fitur yang di sediakan oleh blogspot untuk menulis artikel tidak terlalu lengkap sehingga kurang memberikan kenyamanan kepada para pengguna blogspot.
  • Terikat Peraturan Google
Ini sudah jelas Blogspot adalah milik Google jadi secara otomatis pengguna blogspot harus patuh pada peraturan yang disediakan oleh google.

Sekian yang bisa saya bagi semoga bermanfaat.