Blogging merupakan kegiatan yang mulai banyak di tekuni oleh pemuda pemuda di indonesia. Sebenarnya apa sih gunanya Ngeblog ? sehingga banyak pemuda indonesia yang menekuni kegiatan ini. 

Mungkin itu adalah pertanyaan yang temen temen ingin tanyakan ketika pertama kali mendengar kata blogging. Pertanyaan itu juga pertanyaan yang dulu ingin saya ajukan kepada para blogger. 

Dulu saya berpikir kalau blogging merupakan kegiatan yang membosankan membuang buang waktu dan tidak bermanfaat. 

Namun setelah saya cari tau dan saya tekuni dunia blogging ternyata kegiatan ini sangat seru dan bermanfaat tentunya. Berikut saya samaikan 5 Manfaat menjadi blogger berdasarkan pengalaman saya.

1. Melatih Kemampuan Menulis dan Kreativitas


Menulis bukanlah hal yang mudah di butuhkan ketrampilan pengalaman dan kecerdasan otak. Dengan menjadi seorang blogger berarti kita secara otomatis harus bisa menulis. Pertama kita akan kesusahan 

Tulisan kita mungkin jelek dan tidak teratur

Dan kita bingung mau nulis apa di blog

Namun setelah kita lama menekuni dunia blogging apakah kita akan seperti itu terus..? sudah tentu tidak setelah sekian lama kita menekuni dunia blog sudah pasti kita akan mahir dalam menulis dan juga kita tidak akan bingung lagi mau nulis apa di blog karena kreativitas kita sudah terbentuk. 

Jadi intinya dengan menjadi seorang blogger kita akan menjadi penulis handal dan juga orang dengan kreativitas yang tinggi.

2. Menambah Banyak Teman


Menambah banyak teman ? Bagaimana Bisa ?

Itu pertanyaan yang dulu ingin saya ajukan kepada blogger yang menulis bahwa dengan menjadi seorang blogger kita akan mempunyai banyak teman. 

Dulu saya bingung kenapa dengan Ngeblog kita bisa banyak teman. Hingga akhirnya saya tau kenapa dengan menjadi blogger kita bisa punya banyak teman.

Dalam dunia blog ada yang namanya SEO dan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi SEO adalah backlink. Bagaimana caranya biar dapet backlink. 

Maka mau tidak mau kita harus mengunjungi blog orang lain dan menjalin hubungan baik dengan pemilik blog tersebut agar ia mau memberikan backlink yang berkualitas untuk blog kita. 

Selain itu satu hal yang membuat blogger senang adalah ketika ada yang mengomentari blog kita. Bagaimana caranya agar banyak yang berkomentar di blog kita maka salah satu caranya adalah dengan berkomentar baik di blog orang lain sehingga pemilik blog tersebut akan mengunjungi blog kita dan berkomentar baik tentunya.

Jadi intinya menjadi seorang blogger akan menambah banyak teman.

3. Jadi Orang Yang berpengaruh


Menjadi orang berpengaruh pasti merupakan hal yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Dengan menjadi seorang blogger kita bisa menjadi seorang yang berpengaruh dan menginspirasi bagi banyak orang. 

Dan tentunya hal ini tidak sesulit dengan menjadi orang berpengaruh dengan cara selain jadi blogger. 

Karena jika kita ingin menjadi orang berpengaruh lewat dunia blog kita bisa melakukannya dengan hanya memberikan konten yang menarik kepada para pengunjung blog kita.

4. Menambah Wawasan


Ini adalah manfaat yang sangat besar dan pasti didapatkan oleh seorang blogger. Karena sebelum seorang menulis sebuah artikel maka orang tersebut haruslah paham atau paling tidak sudah membaca materi tentang artikel yang akan di tulis olehnya. 

Tentunya dengan otomatis wawasan dan pengetahuan blogger akan bertambah dengan cepat.

5. Jadi Orang Kaya


Jadi Orang kaya lewat blog ? Mungkinkah ?

Jawabannya adalah sangat mungkin banyak cara yang bisa kita lakukan agar kita bisa sukses menjadi orang kaya lewat dunia blog ini. 

Salah satu cara agar bisa jadi orang kaya lewat blog adalah menjadi publiser adsense dan beberapa orang yang telah sukses dari menjadi publiser adsense adalah Michael Arrington dengan penghasilan mencapai $800.000 dan juga  Linda Ikeiji Blogger wanita dari Nigeria.

Sekian Semoga bermanfaat.